Mengganggu Sinyal pesawat, Proposal Izin Ponsel di Pesawat Dicabut

Belum lama ini, dunia penerbangan dihebohkan dengan kabar perizinan ponsel masuk ke pesawat. Namun akhirnya izin tesebut tak akan dapat dinikmati penumpang pesawat dalam waktu dekat.

Sebab proposal izin yang diajukan oleh Federal Communications Commission (FCC) atau serupa dengan postel Indonesia telah dicabut. Proposal tersebut dicabut karena kekhawatiran akan mengganggu sinyal pada radio pilot.

Dalam proposal ini, penumpang tetap perlu mematikan ponsel mereka atau mode pesawat saat lepas landas dan mendarat, tetapi mereka bisa beralih pada koneksi di ketinggian. Keputusan yang dibuat pada Senin 10 April 2017 justru berbalik arah dari proposal

Ajit Pai, menyebut bahwa rencana ini “disalahpahami” dan tidak percaya keputusan itu melayani kepentingan publik. “Mematikan ponsel secara permanen akan menjadi kemenangan bagi Amerika di seluruh negeri yang, seperti saya, menghargai momen tenang di ketinggian 30.000 kaki,” kata Pai. Dia tidak merinci mengapa dia memilih saat ini untuk bertindak.

Usulan itu awalnya mendapat reaksi keras dari publik, terutama dari kelompok industri yang mewakili pilot dan pramugari. Banyak yang berpendapat bahwa larangan akan membuat penumpang terganggu satu sama lain dengan panggilan telefon berisik dan Wheeler secara efektif dipaksa untuk meninggalkan masalah ini untuk sisa masa jabatannya.

Mengganggu Sinyal pesawat, Proposal Izin Ponsel di Pesawat Dicabut