Pabrik iPhone Akan Dipindahkan Ke Amerika Serikat

Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump pernah menyinggung isu Apple yang harus mulai membuat produknya di Amerika Serikat bukan China. Tidak diketahui apakah berkat Trump atau tidak, yang jelas sebuah sumber mengatakan bahwa Foxconn yang merupakan rekanan manufaktur utama Apple siap untuk menjajaki kemungkinan tersebut.

Foxconn adalah perusahan semikonduktor asal Taiwan yang telah menjadi rekanan manufaktur utama Apple dalam beberapa terakhir untuk memproduksi lini produk iPhone. Menurut sumber tersebut, Apple telah mengajak Foxconn untuk memindahkan fasilitas produksi iPhone dari China menuju AS pada bulan Juni lalu.
pabrik-iphone-akan-dipindahkan-ke-amerika-serikat
Tidak hanya Foxconn, rekanan Apple lain yaitu Pegatron juga telah diajak untuk memindahkan produksi mereka ke Amerika Serikat. Pegatron sendiri adalah perusahaan yang beroperasi di Taiwan.

“Foxconn setuju untuk memindahkan fasilitas produksi ke AS sementara Pegatron menolak rencana tersebut dengan alasan tingginya biaya produksi di AS,” kata sumber tersebut.

Baik Apple ataupun kedua rekanannya tersebut yaitu Foxconn dan Pegatron menolak untuk memberikan jawaban mengenai informasi soal kabar tersebut. Jika kabar tersebut benar, maka alasan Pegatron untuk menolak pemindahan juga dapat dibilang masuk akal.

Hal ini dikarenakan biaya produksi di AS lebih tinggi daripada China. China sendiri saat ini adalah negara yang menjadi pusat penyuplai dan perakitan barang-barang ataupun perangkat elektronik termuah di dunia saat ini.

Jika merujuk pada tahun 2011 lalu, Presiden AS Barack Obama pernah merencanakan hal yang sama seperti Trump akan tetapi Barack Obama tidak mengharuskan Apple untuk pindah karena dirinya hanya menanyakan kemungkinan iPhone dapat diproduksi di AS.

CEO Apple ketika itu, almarhum Steve Jobs, secara tegas mengatakan bahwa kemungkinan tersebut tidak ada. Jobs mengatakan bahwa biaya produks akan naik secara signifikan sehingga berefek pada harga ritel iPhone yang tidak akan dapat dijangkau oleh para pembeli.

Pabrik iPhone Akan Dipindahkan Ke Amerika Serikat