Chrome Versi baru Akan Lebih Ringan

Walaupun telah menjadi browser atau peramban dekstop dengan pangsa pasar terbesar didunia saat ini, Chrome yang dibuat oleh Google dikenal sebagai aplikasi yang banyak menyedot kapasitas RAM atau memori. Tidak ingin anggapan tersebut terus bertahan, Google telah bersiap untuk memperbaiki kelemahan tersebut dengan Chrome versi terbaru yaitu 55.

Saat ini, menurut Net Applications, pengguna Chrome telah mencapai sekitar 54,41 persen komputer desktop. Browser buatan Google tersebut lebih dipilih daripada produk browser lain seperti Microsoft Internet Explorer, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera ataupun Apple Safari.
Chrome Versi baru Akan Lebih Ringan
Walaupun begitu terdapat sedikit kekurangan pada Chrome yaitu penggunaan RAM yang sangat besar. Semakin banyak tab yang digunakan maka RAM akan semakin terkuras sehingga membuat kinerja komputer menjadi berat dan lambat. Selain itu, untuk pengguna laptop, hal ini juga dapat menyebabkan baterai laptop cepat habis.

Untuk mengatasi hal ini, Chrome versi terbaru yaitu 55 ini akan menawarkan penggunaan memory yang lebih sedikit sehingga tergolong ringan. Salah satu pembaruan yang digunakan adalah memodifikasi mesin pengolahan JavaScript dan mengurangi jejak memori ataupun history yang tersisa setiap kali pengguna menggunakan Chrome.

Perubahan ini diyakini akan cukup signifikan karena sebagian besar situs modern saat ini telah menggunakan JavaScript. Sejauh ini, Google telah berulang kali menguji fitur Chrome 55 ini menggunakan berbagai situs seperti New York Times, Reddit dan juga Youtube.

Hasil dari uji coba tersebut adalah konsumsi RAm menjadi berkurang sebesar 50 persen ketika membuka situs jika dibandingkan dengan penggunaan RAM pada Chrome 53. Tim V8 yang mengerjakan pembaruan ini menargetkan untuk Chrome ini dapat digunakan pada perangkat apa pun dengan nyaman terutama pada perangkat dengan RAm yang berkapasitas kecil.

Untuk saat ini, browser tersebut belum tersedia dan Google rencananya baru akan merilisnya pada 6 Desember 2016 mendatang. Tim Chrome V8 saat ini masih mencari celah yang dapat digunakan untuk membuat browser ini dapat bekerja lebih ringan dan mudah digunakan terutama pada perangkat dengan RAM kurang dari 1 GB.

Chrome Versi baru Akan Lebih Ringan